Rabu, 26 Agustus 2015

Course Outline , Landasan Pendidikan , S2 Pendidikan Fisika UM Malang




Course Outline
Matakuliah di Program S2 Pendidikan Fisika

A.     Identitas Matakuliah
Nama Matakuliah             : Landasan Pendidikan dan Pembelajaran
Kode                                 : MKDK 510
Sks/js                                : 2/2
Semester                           : Genap 2015/2016
Dosen                               : Dr. HM. Wartono, M.Pd/ Dr. Supriyono Koes H., M.Pd, MA

B.     Deskripsi Matakuliah
Matakuliah ini difokuskan pada kajian persoalan pendidikan fisika dengan menggunakan landasan filosofis, historis, sosiologis dan psikologis. Pandangan, pendekatan dan proses perencanaan, pengembangan dan pelaksanaan pembelajaran dalam latar pembelajaran formal, non-formal atau informal, yang meliputi antara lain pandangan-pandangan tentang belajar, teori belajar dan teori pembelajaran, taksonomi tujuan pembelajaran, karakteristik peserta belajar, strategi dan metode pembelajaran, pengelolaan kelas, dan evaluasi sistem pembelajaran.
C.     Kompetensi
Setelah terlibat secara aktif, mahasiswa mampu:
1. Mengidentifikasi, mengkaji, dan memecahkan masalah pendidikan fisika berdasarkan landasan filosofis, historis, sosiologis, dan psikologis pendidikan.
2. Memahami dan menerapkan pandangan, pendekatan, teori, dan strategi pembelajaran dalam perencanaan dan pengembangan pendidikan fisika.
3. Memahami dan menerapkan pengelolaan kelas beserta evaluasinya.
D.     Materi Ajar
1.    Landasan historis pendidikan
2.    Landasan filosofis pendidikan
3.    Landasan legalitas, dan politis pendidikan
4.    Landasan ekonomi pendidikan
5.    Landasan sosiologis pendidikan
6.    Landasan Kurikuler pendidikan
7.    Teori-teori proses pembelajaran
8.    Teori-teori perkembangan kognitif
9.    Teori-teori konteks sosial
10.   Pengorganisasian isi pembelajaran
11.   Model-Model Pembelajaran Konstruktivistik
12.   Evaluasi pembelajaran



E.     Rencana Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke
Sub-Materi
Metode/Kegiatan Pembelajaran
Rujukan
1
Pendahuluan
Presentasi, diskusi, konfirmasi
Course Outline
2
Landasan historis pendidikan
Presentasi, diskusi, konfirmasi
Ornstein dkk, 2012
3
Landasan filosofis pendidikan
Presentasi, diskusi, konfirmasi
Ornstein dkk, 2012
4
Landasan legalitas dan politis pendidikan
Presentasi, diskusi, konfirmasi
Ornstein dkk, 2012
5
Landasan ekonomi pendidikan
Presentasi, diskusi, konfirmasi
Ornstein dkk, 2012
6
Landasan sosiologis pendidikan
Presentasi, diskusi, konfirmasi
Ornstein dkk, 2012
7
Landasan kurikuler pendidikan
Presentasi, diskusi, konfirmasi
Ornstein dkk, 2012
8
Tes Tengah Semester
9
Teori-teori proses pembelajaran
Presentasi, diskusi, konfirmasi
Gredler, 2009
10
Teori-teori perkembangan kognitif
Presentasi, diskusi, konfirmasi
Gredler, 2009
11
Teori-teori konteks sosial
Presentasi, diskusi, konfirmasi
Gredler, 2009
12
Pengorganisasian isi pembelajaran

Presentasi, diskusi, konfirmasi
Arends, 2012
13
Model-model Pembelajaran Konstruktivistik
Presentasi, diskusi, konfirmasi
Arends, 2012
14
Evaluasi pembelajaran
Presentasi, diskusi, konfirmasi
Arends,2012
15
Tes Akhir Semester
16
Pemantapan Persiapan UAS

F.       Penilaian
1.      Setiap kelompok membuat makalah (print out) dan menyajikan  pada topik yang ditentukan (A1).
2.      Setiap kelompok merevisi makalah A1 berdasarkan masukkan kelompok lain dan dosen dalam bentuk soft copy A2
3.      Setiap mahasiswa mengikuti tes tengah dan akhir semester (A3 dan A4) Landasan Pendidikan dan Pembelajaran.
4.      Nilai akhir = (A1 + A2 + A3 + 2A4)/5
G.    Sumber Rujukan
1.      Anderson, LW dan Krathwohl, DR, 2001 A Taxonomy for Learning Teaching and Assessing. New York: Addison Wesly Longman Inc
2.      Arends, R. I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.
3.      Barba, R.H. 1995. Science in the ulticultural Classroom. Boston: Alyn &Bacon
4.      Joyce, W., & Weil, M. (with Calhoun, E). 200. Models of Teaching. Sixth Edition. Boston: Allyn Bacon, A Pearson Education Company
5.      Lawson, A.E.. 1994. Science Teaching and the Development of Thinking. California: Wadsworth Publishing Company
6.      Ornstein, A. C., Levine, D. U., dan Gutek, G. L. 2011. Foundations of Education. Belmont, CA: Wadsworth.
7.      Gredler, M. 2009. Learning and Instruction, Theory into Practice. Upper Saddle River, N J: Merrill.
8.       



                                                        
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar